Cara Praktis Memasang Jendela Aluminium

gambar memasang jendela aluminium

Memasang Jendela Aluminium Pastinya anda telah tak asing lagi mendengar kalimat jendela aluminium. Akhir-akhir ini jendela dengan kusen jenis ini menjadi primadona di kalangan masyarakat. Mereka mulai beralih yang sebelumnya menggunakan kayu sebagai kusen jendela menjadi beralih ke jendela dengan kusen aluminium. Mengingat penggunaan kayu yang tak setara dengan produksi atau penanaman kembali pohon kayu. Para perancang rumah pun sangat menyarankan penggunaan jendela berbahan aluminium ini. Jendela aluminium ini memiliki perawatan yang mudah sekali. Jika jendela kotor anda tinggal mengusapnya dengan kain yang telah dibasahi dengan air. Keawetan dan ketahanannya pun tak perlu diragukan lagi. Jendela aluminium memiliki kualitas kekuatan yang setara dengan kayu atau bahkan bisa melebihinya, walaupun bahan aluminium ringan. Jendela ini juga tidak akan menyusut atau pun berubah bentuk ketika ada perubahan cuaca. Rayap pun tak akan memakan jendela aluminium ini. Selain itu, yang terpenting adalah cara pemasangan jendela yang satu ini sangatlah mudah dan praktis. Anda bisa melakukannya.

Berikut cara memasang jendela aluminium. Ayo simak!

1. Untuk tahap pertama anda bisa menyiapkan dulu alat dan bahan yang akan digunakan. Bahan yang digunakan meliputi kusen aluminium, bingkai aluminium, sekrup fischer, engsel, hardboard, baut dynabolt, dan sealant, isolasi plastik atau kertas. Alat yang harus anda lengkapi adalah gergaji, cutting well atau gerinda, meteran, obeng, bor tembok, karet atau baji kayu, selang air, gun sealant, reevet, cutter, unting-unting, dan waterpass. Meskipun dalam memasang jendela aluminium mudah dan anda bisa melakukannya, anda harus tetap meminta bantuan orang yang sudah ahli dalam bidang ini. Karena kalau salah perhitungan dalam memasang, jendela anda bisa saja tidak terpasang secara kuat di dinding.

2. Persiapkan lubang di dinding, perhatikan aliran listrik atau kabel yang ada di balik dinding. Jangan sampai mengenai kabel, karena akan berbahaya.Melubangi dinding harus sesuai dengan ukuran jendela aluminium yang akan digunakan. Lubang harus berukuran 1 cm lebih besar daripada kusen. Karena akan digunakan untuk tempat semen atau sealent.

3. Pasang kusen aluminium pada lubang yang telah dibuat. Atur posisinya agar bisa seimbang tegak lurus dengan dinding.

4. Gunakan bor tembok untuk membuat lubang tempat skrub melalui lubang pada kusen. Lalu masukkan fischer kedalam lubang tersebut, lalu kencangkan dengan obeng.

5. Siapkan jendela yang akan dipasang. Agar selama proses pemasangan tidak ada goresan, usahakan selama daun pintu belum melekat dengan baik, jangan lepaskan isolasi dari bawaan daun pintu dan kaca.

6. Masukkan rangkaian jendela yang digunakan ke dalam lubang kusen. Kemudian tambahkan aksesoris seperti roda, handle, engsel, dan aksesoris lain yang anda perlukan.

7. Anda bisa melakukan finishing menggunakan mortar. Untuk menutupi celah pada dinding anda bisa menggunakan sealant. Usahakan isi celah sampai penuh supaya terlihat rapi dan tidak ada cacat.

Mengapa pemasangan jendela aluminium mudah?

Ya, jendela aluminium memang disetting untuk masa modern, di mana orang tak mau diberatkan atau diribetkan akan sesuatu hal. Terlebih tentang pemasangan jendela. Oleh karena itu jendela aluminium memiliki peminat yang banyak. Demikianlah beberapa cara dalam memasang jendela aluminium. Walaupun mudah dan praktis, tentunya proses dan teknik pemasangannya tak sama dengan jendela yang memiliki kusen aluminium. Anda harus tetap meminta bantuan orang yang sudah ahli ataupun orang yang bisa dalam hal ini. Semoga membantu!

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*